Sumut  

Pemprov Sumut Targetkan Indeks SPBE Terus Meningkat

KoreksiRakyat.com, Medan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan mendapat predikat sangat baik dalam indeks Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan-RB) tahun 2023. Sebelumnya, tahun 2022 Pemprov Sumut telah memperoleh predikat baik.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi melalui Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Kominfo, Rismawati pada sosialisasi digitalisasi Portal Pelayanan Publik oleh Kemenpan-RB di Aula Transparansi Kantor Dinas Kominfo Sumut, Jalan HM Said, Medan, Senin (8/5).

“Nilai indeks yang diperoleh Pemprov Sumut terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, atas penilaian Indeks SPBE oleh Kemenpan-RB pada tahun 2021 Pemprov Sumut memperoleh nilai 2,77, kemudian pada tahun 2022 meningkatan menjadi 2,81, ditargetkan pada tahun 2023, kita mendapat nilai 3,51,” katanya.

Dijelaskannya, Pemprov Sumut telah membangun portal yang menggabungkan berbagai pelayanan dari OPD maupun BUMD. Berbagai pelayanan digabungkan dan terintegrasi dalam satu aplikasi atau portal.

Selain itu, Dinas Kominfo Sumut juga menyambut baik Portal Pelayanan Publik yang dibangun oleh Kemenpan-RB yang diharapkan dapat mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan. Apalagi portal tersebut digunakan hanya dengan satu kali log in saja.

Analis Kebijakan Madya Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Ponco Imam Prayitno mengatakan, portal yang dibangun Pemprov Sumut melalui Dinas Kominfo Sumut sudah baik. Menurut Imam, Kemenpan-RB saat ini telah membangun portal pelayanan publik yang berisikan berbagai pelayanan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. (Rel)