Medan  

Nonton Laga Sada VS Persiraja, Dek Gam Diusir Arya Sinulingga

KoreksiRakyat.com, Medan – Insiden kecil warnai laga Sada Sumut kontra Persiraja Banda Aceh yang berlangsung di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Sabtu (25/11/2023) sore.

Founder Sada Sumut, Arya Sinulingga berteriak sambil menunjuk ke arah Presiden Persiraja Banda Aceh, Nazaruddin Dek Gam, yang terlihat menonton laga dari tribun VVIP Stadion Baharoeddin Siregar.

Arya langsung bereaksi terhadap sosok Nazaruddin Dek Gam dengan niat mengusir lantaran menurutnya, orang nomor satu di klub Persiraja tersebut tidak boleh hadir beraktivitas di stadion saat pertandingan Persiraja, akibat sanksi yang diterimanya.

“Kau ngapain di sini? Kau kan gak boleh ke pertandingan nonton,” teriak Arya jelang akhir pertandingan imbang 2-2 itu.

Dek Gam terlihat tak merespons teriakan Arya dan tak menatap mata Arya. Saat diteriaki Arya, pandangan Nazaruddin Dek Gam terlihat tertuju ke lapangan stadion Baharoeddin Siregar.

Tidak sampai di situ, usai pertandingan, Arya kembali menegur Nazaruddin Dek Gam, kendati nada suaranya lebih rendah dari sebelumnya sehingga tidak jelas apa yang dia katakan.

Tetapi selanjutnya, sejumlah penonton yang berada di tribun VIP, persis di atas tribun VVIP gantian meneriaki Dek Gam dengan nada emosional, bahkan ada yang terlihat melontarkan kata-kata ejekan.

“Di Aceh sok keras kau, di sini diam aja kau kayak Ayam Sayur. Nggak akan kami lempari kau pakai botol minuman seperti yang kalian buat sama PSMS waktu main di sana,” teriak salah seorang penonton.

Selanjutnya, di tengah situasi yang mulai agak gaduh dengan teriakan penonton, aparat kemanan selanjutnya menggiring Nazaruddin Dek Gam keluar stadion dengan memutar dari tribun VVIP menuju tribun VIP.

“Kan gak ada kami lempar kau kan? Nggak kayak di tempat kau di Aceh, botol minuman masuk ke stadion waktu pertandingan, kalian lempari pemain PSMS” teriak penonton lain.

Seperti diketahui, Nazaruddin Dek Gam dihukum denda Rp22,5 juta dan larangan berpartisipasi dalam lima pertandingan.

Kendati mendapatkan sanksi PSSI namun Nazaruddin Dek Gam seakan tak bergeming dan mengindahkan larangan lembaga sepakbola tertinggi tanah air itu.

Dirinya tetap nekat hadir saat timnya menjamu PSMS Medan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (18/11/2023) malam lalu.

Anggota legislatif DPR RI tersebut telihat menonton pertandingan dari tribun VIP.

Bahkan, usai pertandingan yang berakhir dengan aksi pelemparan botol, batu hingga penyanderaan bahkan pengeroyokan terhadap kapten PSMS, Rahmad Hidayat oleh penonton Persiraja, sebuah video amatir yang beredar di dunia maya juga memperlihatkan Nazaruddin Dekgam sempat mengusir Pembina PSMS Medan, Letjen (Purn) Edy Rahmayadi.

Edy yang hadir pada pertandingan itu dan pulang usai pertandingan, harus kembali ke stadion lantaran kericuhan.

Tiba di stadion dia mempertanyakan siapa pihak yang bertanggung jawab terkait kericuhan pasca laga Persiraja vs PSMS Medan.

Bukannya dijawab, Gubernur Sumut perode 2018/2023 dan mantan Pangkostrad itu mendapat teriakan bernada usiran dari Dek Gam.

“Yang tidak berkepentingan silahkan keluar,” ujar Dek Gam merespons Edy Rahmayadi.

Untuk diketahui, berdasarkan situs resmi PSSI, Kamis, 12 Oktober 2023, sanksi terhadap Dek Gam diputuskan berdasarkan hasil sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI pada 5 Oktober 2023.

Selain Dek Gam, Komdis PSSI juga menjatuhkan hukuman kepada Persiraja Banda Aceh.

Komdis menjatuhkan sanksi Lantak Laju usai laga Liga 2 musim 2023-2024 dengan Sada Sumut FC pada 30 September lalu. (red-01)