Toba  

Kunjungi Toba, Ketua TP PKK Sumut Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Kanker

KoreksiRakyat.com, Toba – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis mengingatkan masyarakat tentang pentingnya deteksi dini kanker. Karena, kanker akan lebih sulit ditangani, apabila sudah stadium lanjut.

“Kanker masih bisa ditangani, apabila kita bisa mendeteksinya sejak dini. Karena itu, saya imbau masyarakat Sumut agar memeriksakan dirinya,” kata Nawal Lubis saat monitoring lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) Test PKK di Puskesmas Kecamatan Silaen, Toba, Senin (12/6).

Nawal mengaku senang apabila ada masyarakat yang sukarela melaksanakan deteksi dini, khususnya Iva test yang merupakan cara untuk mendeteksi kanker serviks. Menurut Nawal, kanker serviks cukup banyak dialami oleh masyarakat Indonesia.

“Saya sangat senang sekali karena ibu-ibu ini mau melaksanakan Iva test. Apalagi tadi ada suaminya ikut mau mengajak istrinya. Perlu diketahui bahwa kanker serviks termasuk kanker yang cukup banyak dialami masyarakat Indonesia,” kata Nawal.

Selain itu, Nawal juga mengapresiasi para suami yang mau mendampingi istrinya melakukan Iva Test. Apalagi menurutnya kesehatan para istri atau ibu sangat penting. Sebab ketahanan keluarga bergantung pada peran ibu.

“Jadi apabila bapak-bapak sudah mau mengajak istri (Iva Test), luar biasa, saya acungi jempol, berarti bapak-bapak disini sayang sama istrinya, apabila ibu sakit, ketahanan keluarga akan goyang dengan sendirinya, kalau ibu sehat ketahanan keluarga akan kuat,” kata Nawal.

Nawal juga menyebut peran PKK sangat penting bagi program pemerintah, khususnya kesehatan. Bahkan, PKK merupakan salah satu ujung tombak Sumut dalam bidang kesehatan.

“PKK adalah ujung tombak Sumut, luar biasa PKK sudah banyak membantu pemerintah, kita membantu pekerjaan pemerintah, khususnya kesehatan ini,” ujar Nawal.

Nawal juga menyampaikan tidak lama lagi, masyarakat tidak perlu malu lagi melakukan deteksi dini kanker serviks. Kini telah ada deteksi kanker menggunakan urine. Sementara itu, Ketua TP PKK Toba, Rita Marlina menyebutkan, berbagai inovasi yang telah dilakukannya terkait meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker. Mulai dari layanan jemput bola, penyuluhan ke kelompok masyarakat, hingga menggandeng pengusaha atau perusahaan. (kom)