BUMN  

Holding PTPN III Dukung Pembentukan Tiga Subholding BUMN

KoreksiRakyat.com, Jakarta – Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melakukan berbagai upaya mendukung pembentukan subholding BUMN perkebunan PalmCo, SugarCo dan SupportingCo sebagai transformasi bisnis perusahaan.

Salah satu aspek yang dipersiapkan adalah membangun sistem pengelolaan arsip yang tertib dan terstruktur. PTPN III saat ini tengah menjajaki kerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Dalam mendukung proses transformasi bisnis PTPN tersebut, diperlukan sistem pengelolaan arsip yang baik dengan memanfaatkan fasilitas teknologi saat ini,” ujar Direktur Hubungan Kelembagaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III M Arifin Firdaus dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (16/6/2023).

Arifin menekankan pentingnya dukungan dan kerjasama ANRI dalam membangun sistem pengelolaan arsip perseroan yang tertib dan terstruktur, serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) PTPN Group dalam mengelola arsip.

“Harapannya, dengan sinergi antara PTPN III dan ANRI, dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, serta mendukung pelestarian arsip milik negara,” ujarnya.

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, menyambut baik pertemuan dan rencana PTPN III sebagai induk holding di klaster perkebunan dan kehutanan, untuk bersinergi perihal kearsipan ini.

“Tentunya kerjasama antara PTPN Group dan ANRI dalam pengembangan sistem pengelolaan arsip PTPN akan mendukung proses transformasi bisnis PTPN saat ini,” ujar Imam. Dari pertemuan itu, PTPN III dan ANRI bersepakat untuk melakukan tindaklanjut dengan membuat Memorandum of Understanding (MoU) yang akan ditandatangani bersama. (JS)