Sumut  

Gubernur Sumut Ajak Kolaborasi Sukseskan Target Pembangunan

KoreksiRakyat.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi membuka Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49. Pada moment itu, Edy Rahmayadi mengajak seluruh Bupati/Walikota mendukung dan mensukseskan proyek tahun jamak pembangunan jalan dan jembatan senilai Rp2,7 triliun sepanjang 450 km.

“Kita berusaha dan pastikan bekerjasama mensejahterakan rakyat dari infrastuktur,” kata Edy Rahmayadi, saat membuka PRSU di Panggung Utama PRSU, Jalan Gatot Subroto, Medan, Jum’at (16/6).

Edy mengatakan, kabupaten/kota bisa berkontribusi melancarkan pembangunan jalan dan jembatan di wilayahnya masing-masing. Antara lain dengan membantu menyediakan tempat untuk peralatan berat atau penggilingan batu.

“Pada kesempatan ini ada bupati/walikota, banyak alat-alat yang memerlukan lahan untuk penggilingan batu, pembakaran aspal, dan itu memerlukan tempat disitu, untuk itu ikut bersama membantu dan mengawasi kontraktor pembangunan jalan tersebut,” katanya.

Masa akhir pembangunan jalan jatuh pada 31 Desember 2023. Masih ada waktu enam bulan lagi. “Kita masih punya waktu enam bulan mengejar penyelesaian ini, mari kita kejar, ini bentuk kepedulian kita, yang merasakan jalan ini adalah rakyat yang ada di setiap kabupaten/kota,” ujar Edy.

Edy mengungkapkan, banyak kendala pembangunan. Pada tahun 2019, kata Edy, Pemprov fokus melunasi hutang. Pada tahun 2020 hingga 2021 pandemi Covid-19 melanda dunia. Hal itu mengakibatkan refocusing anggaran yang menyebabkan terpotongnya anggaran pembangunan infrastuktur. Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus mengatakan, kolaborasi merupakan yang wajib dilakukan. Gubernur selalu mengajak Kepala Daerah melakukan kolaborasi untuk mensukseskan pembangunan. (kom)