Medan  

DPW IWO-I Sumut dan DPD Asahan Dilantik

KoreksiRakyat.com, Medan – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO-I) Provinsi Sumatera Utara, dilantik, Kamis (27/7/2023) di Wisma Benteng Medan.

Ratno SH MM, resmi menjabat sebagai Ketua DPW IWO-I Sumut setelah dilantik Ketua Umum (Ketum) IWO Indonesia, NR Icang Rahardian SH MH. Sementara, Sekretaris DPW IWO-I Sumut dijabat Fery Yudha dan Bendahara, Hariaty Panggabean.

Pelantikan tersebut turut dihadiri Dewan Pembina/Penasehat, Tan David Sulaiman (TDS), Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, Kajati Sumut, Kapolda Sumut, dan Walikota Medan.

Ketua DPW IWO-I Sumut terpilih, Ratno SH MM dalam sambutannya menegaskan bahwa dirinya bersama seluruh jajaran pengurus, siap mengibarkan bendera IWO Indonesia di Provinsi Sumatera Utara.

Tak hanya itu, juga ditegaskan agar seluruh anggota yang tergabung dalam IWO Indonesia, khususnya di Sumut, untuk menjadikan wadah IWO-I sebagai penyambung lidah rakyat serta menghindari berita hoaks atau berita bohong.

“Jadikan IWO Indonesia sebagai wadah penyambung lidah rakyat. Pemberitaan harus mengacu pada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Jangan membuat berita hoaks atau berita bohong. Karena itu adalah kesalahan yang fatal,” tegasnya.

Pangdam I/BB dalam sambutan tertulisnya, mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran pengurus DPW IWO-I Sumut, khususnya Ratno SH MM yang secara resmi menjabat sebagai Ketua DPW IWO-I Sumut.

Pangdam juga meminta seluruh stakeholder agar turut melibatkan IWO Indonesia dalam berbagai hal pembangunan demi kemajuan negeri ini, secara khusus di Provinsi Sumut. Apalagi lanjutnya, saat ini telah memasuki tahun politik. Atas dasar itu, Pangdam meminta agar IWO Indonesia turut mengawal pada pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Hal senada juga diungkapkan Kapolda Sumut. Dalam sambutannya, Kapolda Sumut mengucapkan selamat atas dilantiknya jajaran pengurus DPW IWO-I Sumut. Kapolda berharap, IWO Indonesia dapat menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat.

Sementara, Ketua Umum IWO Indonesia, NR Icang Rahardian SH MH, dalam arahannya secara tegas meminta jajaran pengurus IWO Indonesia khususnya wilayah Sumut, harus melawan berita hoaks. Artinya, dalam penulisan berita, wartawan diharuskan berpedoman pada UU Pers no 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Terkait akan digelarnya pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, Icang juga menegaskan agar seluruh anggota yang tergabung dalam IWO Indonesia untuk tidak ikut berpolitik. Pasalnya, selaku sosial kontrol, IWO Indonesia harus independen.

“Jadi, jangan manfaatkan wadah IWO Indonesia untuk menghantam seseorang demi kepentingan politik. Kita harus independen. Bantu pemerintah untuk menjadikan Indonesia lebih maju,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPW IWO-I Sumut terpilih, Ratno SH MM, juga melantik pengurus Dewan Pimpina Daerah (DPD) IWO-I Kabupaten Asahan. Kegiatan diwarnai dengan lucky draw yang menyediakan ratusan hadiah berupa handphone, kipas angin, setrika, kompor gas, kaos, kemeja, syrup, dan lobe. (win)